Thursday, November 28, 2013

Macaroons


Keping Cantik Bernama Macaroon
Macaroon adalah kue dari jenis makanan penutup atau dessert. Nama macaroon memang belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia. Namun, di Prancis, ada sebuah kedai macaroon yang diserbu pembeli setiap hari.
Ada yang menjuluki macaroon sebagai gadis kecil yang cantik. Ini disebabkan karena macaroon berbentuk bulat kecil seperti keping biskuit, dan berwarna mencolok. Warna-warna yang berbeda digunakan sebagai penanda rasa dari kue imut ini.
Macaroon rasa pisang dibuat menggunakan warna kuning, rasa pistachio dihadirkan dengan warna hijau, rasa strawberry dibedakan dengan warna merah, dan masih banyak lagi varian macaroon.
Cantiknya warna macaroon membuat banyak orang —termasuk saya— gemas melihat kue ini. Akhirnya, saya pun memutuskan untuk mencobanya. Bagian luar macaroon terasa agak renyah. Sedangkan, bagian dalamnya, campuran krim dan kacang almond menciptakan rasa yang lembut dan gurih.
Nama macaroon berasal dari kata makaroen. Kue ini berasal dari Italia yang kemudian terkenal di Prancis. Orang Prancis melafalkannya menjadi macaron.
Bahan dasar utama yang digunakan dalam pembuatannya adalah gula. Gula-gula itulah yang membuat macaroon tampil cantik dan langsung meleleh di lidah. Lalu, dicampur dengan bahan lain seperti kacang almond dan putih telur. Sama sekali tidak menggunakan tepung, lho.
Macaroon ini diidentikkan dan dianggap sejenis dengan makanan lain bernama meringue. Bahkan, di Skotlandia, terdapat tiga jenis macaroon, yaitu macaroon bercita rasa kacang almond (seperti macaroon pada umumnya), macaroon yang pembuatannya menggunakan bahan dasar kelapa, dan macaroon perpaduan antara meringue dan nougat.

Keping Cantik Bernama Macaroon


Saat ini macaroon sudah dibuat dengan berbagai variasi. Para pembuat kue rupanya tidak takut-takut dalam menambah alternatif rasa kue mungil ini. Berkat kreativitas pembuat kue, macaroon pun dibuat dari cokelat, cherry, kelapa, selai kacang, wijen, dan biji poppy.
Di Prancis, macaroon sudah sangat terkenal dan melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Ada banyak kedai yang menjual macaroon. Yang paling terkenal adalah Laduree. Kedai ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap pagi, orang selalu rela mengantre di depan pintu masuknya, agar bisa menyantap macaroon
Di Indonesia, salah satu kedai roti yang menjual macaroon adalah The Harvest. Di kedai yang menjual bermacam-macam macaroon dengan rasa yang bervariasi itu, saya mencoba macaroon rasa pisang, rasa pistachio, dan rasa strawberry. Kapan-kapan, saya akan kembali lagi ke kedai itu untuk mencicipi macaroon rasa lainnya.

No comments:

Post a Comment