Sunday, March 24, 2013

Windows 8 Sama Buruk dan Gagal Seperti Windows Vista?

Saat ini Microsoft tengah gencar untuk mempromosikan OS terbaru Windowsnya yang dilansir akan memberikan kenyamanan dan kecanggihan dalam berkomputer ria yaitu Windows 8. Fenomena akan hadirnya Windows 8 ini banyak disikapi oleh beberapa pakar komputer dan pengamat sebagai Windows yang malah dibilang numpang lewat saja. Berbagai fitur yang ada didalamnya dirasa tidak cukup efektif dan membuat performa komputer menjadi lebih baik. Seiring berjalannya waktu, ternyata penjualan Windows 8 pun dirasa tidak terlalu melonjak drastis. Para pengguna komputer saat ini masih lebih menyukai fitur dalam Windows 7 bahkan yang lebih jadul lagi Windows XP. Melihat keterpurukan Windows 8 yang terjadi saat ini apakah bisa disimpulkan bahwa Windows 8 juga ternyata sama gagalnya dengan Windows Vista?


Memang saat ini performa sistem operasi terbaru Microsoft, Windwos 8 di pasar menyita perhatian dari berbagai pihak, termasuk Samsung. Banyak sekali kritikan pedas datang dari berbagai pihak termasuk dari Presiden Divisi Chip Samsung. Karena melihat performa Windows 8 yang memang dinilai gagal memberikan ekspetasi pada masyarakat, Presiden Divisi Chip Samsung Jun Dong-soo, menilai Windows 8 tidak lebih baik daripada Windows Vista. Beliau mengatakan "Industri PC global terus menyusut meskipun Windows 8 diluncurkan. Saya pikir sistem Windows 8 tidak lebih baik daripada platform sebelumnya, Windows Vista," tutur Jun seperti yang dikutip dari Okezone. Mungkin saat ini memang OS Windows 8  banyak digunakan oleh beberapa perusahaan teknologi untuk dijadikan OS dalam produk yang dibuatnya seperti Nokia dengan ponsel Windows Phone Lumia 920 yang berbasis OS Windows 8.
Tapi biarpun sudah disematkan dalam teknologi ponsel, performa Windows 8 malah tertutup oleh berbagai fitur dalam ponsel tersebut. Layaknya hanya batu loncatan saja, Windows 8 sepertinya semakin terabaikan. Karena melihat pasar Personal Computer (PC) terus berubah dan berputar, Windows 8 sendiripun mengalami pasang surut pada penjualannya dipasar Internasional. Lain halnya dengan penjualan di luar negeri, ternyata Windows 8 cukup diminati oleh warga negara kita Indonesia. Meski tak membantah tetap ada kritik yang mengalir terhadap Windows 8, tapi Microsoft mengklaim pasar sistem operasi itu semakin tumbuh di Indonesia. Sinergi dari vendor Personal Computer (PC) dinilai membuat Windows 8 menjadi lebih mengemuka. Apakah masih ada harapan Windows 8 akan terus tumbuh besar di negara kita?






 Saat ini memang Microsoft terus melakukan penyempurnaan terhadap OS Windows 8 ini. Terlebih lagi sekarang Windows 8 mempunyai banyak versi diantaranya adalah Enterprise Edition. Business Group Lead Windows Marketing & Operations Microsoft, Lucky Gani menegaskan adopsi Windows 8 untuk segmen enterprise harus dilakukan perlahan-lahan karena mengingat perusahaan yang tidak bisa dengan mudah berpindah sistem. “Adopsi di enterprise baik, tapi harus dilakukan step by step karena tidak mudah bagi mereka langsung pindah. Tapi dengan sinergi dari mitra kami seperti Dell, Lenovo, HP, dan lainnya, semakin mempermudah menghadirkan Windows 8 kepada konsumen.

 So, apakah pantas saat ini Windows 8 mengalami kegagalan yang sama dengan Windows Vista? Hanya waktulah yang akan menjawab semua itu. Jika memang sampai akhir tahun ini nasib Windows 8 tetap sama, maka pertanyaan tersebut tidak perlu lagi ditanyakan.

No comments:

Post a Comment