Wednesday, November 7, 2012

Barclays Premier League / Liga Inggris Season 2012-2013


Liga Utama Inggris (bahasa Inggris: Premier League), sebelumnya disebut dengan F.A. Premier League adalah sebuah kompetisi liga sepak bola profesional di Inggris yang merupakan kompetisi antar klub tingkat tertinggi di negara Inggris.

Saat ini mendapat dukungan sponsor dari Barclays Bank sehingga nama resminya menjadi Barclays Premier League. Di luar Inggris Raya biasa disebut dengan English Premier League.
Sebelum dibentuk Premier League pada tahun 1992, kompetisi liga sepak bola profesional tingkat tertinggi di Inggris adalah Liga Sepak Bola Divisi Pertama (bahasa Inggris: Football League First Division). Menjelang akhir musim 1991-92, beberapa klub sepak bola teratas memisahkan diri dari liga sepak bola setelah membuat kesepakatan-kesepakatan menguntungkan dengan stasiun televisi. Pada tanggal 20 Februari 1992 dibentuk format kompetisi baru dengan nama FA Premier League dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub pada musim pertama.

Liga Primer adalah liga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia, disiarkan di 212 wilayah kepada 643 juta pemirsa. Pada musim 2010-11 rata-rata jumlah kehadiran penonton dalam setiap pertandingan Liga Premier adalah 35.363, yang merupakan jumlah tertinggi kedua dari liga sepak bola profesional Jerman, Bundesliga, dengan tingkat hunian stadion adalah 92,2%.

Liga Primer juga mendapat peringkat koefisien liga (bahasa Inggris: coefficients of leagues) pertama dari UEFA berdasarkan penampilan di kompetisi Eropa selama lima tahun terakhir.




 Latar belakang

Meskipun sepanjang tahun 1970-an hingga awal 1980-an beberapa klub Inggris sukses di kompetisi Eropa, namun mulai akhir tahun 1980-an menandai titik rendah sepak bola Inggris. Stadion yang hancur, minimnya fasilitas untuk para pendukung, hooliganisme meluas, dan klub-klub Inggris dilarang dari kompetisi Eropa selama lima tahun setelah Tragedi Heysel pada tahun 1985.

Waktu itu Liga Sepak Bola Divisi Pertama (bahasa Inggris: Football League First Division) dari The Football League, yang telah menjadi tingkat teratas liga sepak bola Inggris sejak 1888 menjadi kurang ditonton dan menurun pendapatnya, jauh di belakang liga lain seperti Seri A Italia dan La Liga Spanyol serta beberapa pemain top Inggris pindah ke luar negeri.

Namun setelah pergantian tahun 1990 tren penurunan mulai membaik, seiring dengan keberhasilan Tim Nasional Inggris berhasil mencapai babak semi-final di Piala Dunia FIFA 1990. UEFA, badan sepak bola Eropa akhirnya mencabut larangan lima tahun bagi klub Inggris mengikuti kompetisi Eropa pada tahun 1990. Hasilnya Manchester United mengangkat Piala Winners UEFA pada tahun 1991. Kemudian Laporan Taylor mengenai Standar Keamanan Stadion, yang mengusulkan biaya peningkatan stadion agar menjadi stadion dengan semua tempat duduk bagi penonton, diterbitkan pada bulan Januari tahun 1991.

Pendapatan hak siar dari stasiun televisi menjadi sangat penting. The Football League menerima £6.300.000 untuk perjanjian selama dua tahun pada tahun 1986, tetapi ketika perjanjian tersebut diperbaharui pada tahun 1988, jumlahnya naik menjadi £44.000.000 untuk selama empat tahun.

Pada perjanjian tahun 1988 tersebut sudah terdapat tanda-tanda pertama, akan terjadinya liga yang memisahkan diri, ketika sepuluh klub mengancam akan meninggalkan Football League dan membentuk "liga super", tapi akhirnya dibujuk untuk tinggal. Untuk peningkatan kapasitas stadion dan meningkat kehadiran penonton serta pendapatan, beberapa tim top di Inggris mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan Football League.


  DAFTAR KLUB PESERTA LIGA INGGRIS MUSIM 2012-2013



 Kompetisi

Sebanyak 20 klub berkompetisi di Liga Utama Inggris. Setiap musim kompetisi, setiap klub melawan klub lain masing-masing sebanyak dua kali. Sekali di stadion mereka (home stadium) dan sekali lagi di tempat lawannya. Sebanyak 38 pertandingan untuk setiap klub menjadikan total 380 pertandingan di Liga Utama Inggris. Setiap akhir musim, tiga klub pada urutan terbawah terdegradasi dan empat klub teratas masuk kompetisi Liga Champions untuk memperebutkan Piala Champions. 3 klub teratas masuk secara otomatis, sedangkan urutan ke-4 masuk melalui babak play-off. Klub pada urutan ke-5 liga utama akan masuk kompetisi untuk memperebutkan Piala UEFA. Klub pada urutan ke-6 dan 7 bisa juga masuk kompetisi Piala UEFA tergantung pada situasi dua kompetisi domestik lainnya. Sedang klub urutan 18-20 akan terdegradasi ke Divisi Championship dan akan digantikan oleh klub peringkat 1-2 dari Divisi Championship yang otomatis promosi serta klub peringkat 3-6 dari Divisi Championship yang memperebutkan satu tiket tersisa.
 Sponsor

Liga Utama Inggris telah mempunyai sponsor utama sejak tahun 1993. Sponsor utama berhak menambahkan namanya di nama liga. Tercatat sudah ada tiga sponsor utama.



  • 1993–2001: Carling (FA Carling Premiership)
  • 2001–2004: Barclaycard (Barclaycard Premiership)
  • 2004–2007: Barclays (Barclays Premiership)
  • 2007–sekarang: Barclays (Barclays Premier League)

Liga Utama Inggris juga mempunyai beberapa sponsor lain untuk mendukung jalannya liga.[Pemasok resmi bola pertandingan adalah Nike yang telah bekerja sama sejak musim 2000-01.

No comments:

Post a Comment